logo blog
Background Header
Selamat Datang Di Blog Ikerenki
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Ikerenki,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Selalulah berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Menjadi Konsumen Produktif

Menjadi  konsumen produktif maksudnya adalah barang-barang yang dibelinya bisa menghasilkan uang. Memang maksudnya tidak semua barang yang dibeli harus menghasilkan uang,tetapi kalau bisa barang tersebut secara tidak langsung bisa menghasilkan uang. Barang-barang seperti rumah,mobil dan sepeda motor jelas bisa menghasilkan uang.

Menjadi Konsumen Produktif
Lalu bagaimana dengan barang-barang  yang tujuannya untuk hiburan? Seperti televisi,radio,kamera dan alat-alat musik? Barang-barang itu juga bisa menjadi barang produktif meskipun mungkin secara tidak  langsung. Seperti misalnya televisi dan radio,informasi dari kedua pesawat tersebut bisa untuk menentukan langkah yang akan kita ambil dalam berbisnis. Untuk fungsi seperti ini,media cetak koran dan majalah juga bisa berfungsi sama.

Baca Juga: Resep Sukses Bill Gates!

Kamera tentu bisa walau mungkin awalnya bersifat amatiran,tetapi seiring waktu,keterampilan  bertambah bisa meningkat menjadi profesional. Kamera foto maupun kamera  video. Perkembangan kamera digital yang hasilnya langsung bisa dilihat memudahkan pemakainya. Tidak seperti pada masa kamera analog yang menggunakan film. Selain hasilnya tidak bisa langsung dilihat,resiko tidak jadi  juga lebih besar.

Seperti misalnya kalau memasang filmnya di tempat pemutar tidak sempurna,bisa film tidak berputar,atau bisa juga film  berputar separuh. Hasil gambar bisa saling tumpuk. Bisa pula film terbakar. Bisa dibayangkan jika itu upacara penting seperti pesta pernikahan,kalau fotonya tidak jadi apa pesta pernikahannya diulang?
Kalau alat seperti komputer dan lap top jelas barang produktif. Karena itu merupakan peralatan kantor.

Salah seorang dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa  Ki Sutikno,dalam sebuah sarasehan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial DIY di Monumen Jogja Kembali  September 2013 menceritakan pengalamannya membeli mesin tik di tahun 1980-an. Ketika itu masih mahasiswa dia ‘menjual’ jasa dengan melayani kebutuhan pengetikan. Segala macam. Hasilnya bisa membiayai sendiri kuliahnya.

Waktu itu memang lazim jasa pengetikan. Kalau sekarang hampir setiap rumah tangga mempunyai lap top. Kalau kreatif alat tersebut bisa menghasilkan uang. Bisa untuk menghasilkan karya tulis apa saja. Atau untuk desain grafis. Tersambung dengan internet menjadi alat bisnis.

Telepon genggam atau HP setiap orang tentu punya. Alat ini  untuk komunikasi jelas menunjang kegiatan bisnis. Tetapi model telepon pintar sekarang ini bisa untuk kegiatan apa saja. Fungsinya berubah menjadi lap top mini bahkan lebih praktis karena mudah membawanya. Salam Keren!

Tags: Konsumen, Uang, Ekonomi, Konsumen Menghasilkan Uang, Perilaku Konsumen Produktif, Konsumen Produktif.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

10 komentar

Bingung mau koment apa?? Kurang ngertiii
Hehee yang aku tau itu soal pesta pernikahan apa mau di ulang? Kalau fotonya tidak jadi,,
Malam saja

Balas

Gpp deh kalau OOT :p yang penting ga iklan dan spam link.

Balas

intinya membuat barang-barang itu menjadi bermanfaat kan

Balas

kyaknya sih membeli barang yang ada manfaatnya, ga asal2an beli gitu, hehehe...

Balas

yang terpenting menurut saya itu kreatif gan
agar barang yang kita beli tersebut bisa bermanfaat

Balas

Sepertinya sesuai dengan kebutuhan.

Balas

Iya nih kreatif memang perlu.

Balas

setuju, menjadi sebuah produksi bukan berarti harus menghasilkan uang saja, tapi sebagai penunjang pun itu sudah mendapatkan nilai produksinya :)

Balas

Mantap hehe salam bisnis.

Balas

konsumen produktif merupakan konsumen yang cerdas ya gan.. ga sia2 beli barangnya.. bisa dimanfaatin.. :)

Balas

Terima Kasih atas kunjungan anda, merupakan suatu kehormatan bagi kami. Silahkan berikan komentar anda sesuai dengan aturan yang tercantum di bawah, insya Allah akan kami tanggapi.

Mohon maaf kalau mengganggu kenyamanan :
1. Komentar yang mengandung SPAM, pornografi dan iklan akan dihapus.
2. Mencantumkan link hidup akan otomatis dihapus.
3. Anda bisa mendapatkan back link dengan berkomentar sebagai Nama/URL.
4. Komentar dari Anonymous dianggap spam dan tidak akan di tanggapi.

Sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :)

Copyright © 2014. Ikerenki - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger